3 November 2023 4:03 pm

Rumah Atau Apartemen Ini Hal-Hal Yang Dapat Anda Pertimbangkan

Rumah Atau Apartemen Ini Hal-Hal Yang Dapat Anda Pertimbangkan

Rumah atau Apartemen? Ini Hal-Hal yang Dapat Anda Pertimbangkan

pinterest.com
pinterest.com

Belakangan ini apartemen menjadi alternatif utama bagi banyak orang yang mencari hunian. Pasalnya, apartemen dinilai lebih ramah lingkungan dan dari segi jarak dinilai lebih mudah dijangkau perkotaan dibandingkan rumah. Namun pertanyaannya, dimanakah tempat tinggal yang paling ideal?
Pada dasarnya rumah dan apartemen sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu sesuaikan kebutuhan Anda dengan hunian yang Anda pilih.

1. Pertimbangan Beli Rumah

pinterest.com
pinterest.com

1.1 Ada Kepemilikan Lahan


Keunggulan utama rumah dibandingkan apartemen adalah kepemilikan tanah yang menyertainya. Ketika Anda membeli rumah, Anda tidak hanya membeli bangunan di atasnya tetapi juga tanah di sekitarnya.
Kepemilikan lahan ini mempunyai nilai yang signifikan karena tanah dan bangunan merupakan investasi yang nilainya cenderung tidak pernah menurun. Dalam jangka panjang, tanah dan properti dapat menghasilkan keuntungan modal yang menguntungkan pemiliknya. Artinya memiliki rumah merupakan investasi yang dapat memberikan keuntungan finansial jangka panjang.
Selain itu, memiliki lahan sendiri juga memberikan kebebasan bagi Anda untuk merancang, menata, dan memanfaatkan sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Anda bisa memiliki taman yang luas, area bermain anak, atau bahkan membangun tambahan seperti kolam renang atau gazebo jika lahan Anda memungkinkan. Fleksibilitas ini tidak selalu tersedia bagi pemilik apartemen yang harus berbagi fasilitasnya dengan penghuni lain.

1.2 Mudah Diperjualbelikan


Rumah memiliki likuiditas yang lebih baik dibandingkan apartemen karena permintaan pasar yang lebih tinggi. Artinya ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah, kemungkinan besar Anda akan cepat mendapatkan pembeli karena banyak orang yang mencari properti rumah.
Selain itu, rumah juga menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal kepemilikan. Sertifikat rumah dapat digadaikan atau dijaminkan jika Anda tiba-tiba membutuhkan uang tunai. Hal ini memberikan akses terhadap modal yang dapat sangat berguna dalam situasi darurat atau untuk memanfaatkan peluang investasi lainnya.
Jadi, secara keseluruhan, rumah menawarkan likuiditas yang lebih baik dan fleksibilitas kepemilikan yang dapat menjadi nilai tambah dalam keputusan pembelian properti Anda. Ini membuat rumah menjadi pilihan menarik bagi banyak orang yang ingin memiliki aset yang mudah dikelola dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan mereka.

1.3 Lingkungan Sosial Lebih Luas

pinterest.com
pinterest.com
Dengan tinggal di kawasan perumahan, Anda memiliki kesempatan lebih baik untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan tetangga.
Disisi lain, apartemen, diketahui memiliki lingkungan sosial yang lebih tertutup dan personal, sehingga peluang untuk berhubungan dengan tetangga menjadi lebih terbatas.
Jika Anda adalah seseorang yang menghargai interaksi sosial yang positif dan ingin merasakan kehidupan komunitas yang lebih intim, membeli rumah di lingkungan perumahan mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk Anda. Di lingkungan tinggal seperti ini, Anda mungkin akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengenal tetangga Anda, berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, dan merasa lebih terlibat dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan tersebut.
Hal ini dapat menciptakan rasa kebersamaan yang lebih kuat dan membina hubungan yang lebih erat antar warga di lingkungan tersebut.

1.4 Harga Mahal


Ketersediaan perumahan di pusat kota semakin berkurang, dan di beberapa daerah, perumahan di pusat kota telah menjadi komoditas langka.
Hal ini dikarenakan pada kawasan dalam kota, terutama yang lahannya terbatas, biasanya lebih disukai untuk mengembangkan kawasan hunian vertikal seperti apartemen agar lahan dapat dimanfaatkan secara optimal.
Jadi, bagi yang sedang mencari rumah atau perumahan di pusat kota, mencari rumah bisa jadi sulit. Jika terdapat perumahan di kota, harga properti seringkali cukup tinggi dan bisa mencapai tingkat yang mahal. Memang tingginya permintaan dan terbatasnya lahan di pusat kota menyebabkan harga properti melambung tinggi.

1.5 Banyak Tersedia di Pinggir Kota


Karena ketersediaan lahan di pusat kota semakin berkurang, pembangunan perumahan bergeser ke daerah pinggiran kota.
Namun, memiliki rumah di pinggiran kota berarti Anda harus bersiap menempuh perjalanan lebih jauh jika ingin mengunjungi destinasi berbeda. Jarak yang lebih jauh dari pusat kota dapat memengaruhi waktu perjalanan ke tempat kerja, pusat perbelanjaan, atau lokasi penting lainnya yang biasanya lebih mudah diakses oleh Anda jika Anda tinggal di pusat kota. Namun, banyak orang melihatnya sebagai kompromi yang masuk akal untuk bisa memiliki rumah yang lebih terjangkau dan memiliki lebih banyak ruang di pinggiran kota.

1.6 Banyak Renovasi


Rumah memiliki keuntungan tersendiri ketika melakukan renovasi karena pemilik rumah memiliki kendali penuh atas propertinya. Artinya Anda mempunyai kebebasan untuk mendesain ulang atau merenovasi rumah sesuai keinginan. Anda bisa menambah ruangan baru, mengganti furnitur, atau bahkan melakukan perubahan besar pada struktur rumah.
Sebaliknya, jika Anda memiliki apartemen, proses renovasi menjadi lebih terbatas. Ini karena Anda harus mendapatkan persetujuan dari manajemen gedung atau asosiasi pemilik apartemen sebelum melakukan perubahan signifikan pada rumah Anda. Proses ini membutuhkan waktu dan Anda mungkin menghadapi beberapa batasan mengenai apa yang dapat Anda lakukan.
Ingatlah juga bahwa biaya renovasi dapat bervariasi tergantung pada jenis properti yang Anda miliki. Renovasi rumah seringkali lebih fleksibel namun juga bisa lebih mahal, terutama jika Anda merencanakan perubahan besar. Di sisi lain, renovasi apartemen bisa lebih terbatas tetapi dalam beberapa kasus juga bisa lebih terjangkau.

2. Pertimbangan Beli Apartemen

archdaily.com
archdaily.com

2.1 Lokasi Strategis


Banyak apartemen yang dibangun di pusat kota sehingga memiliki aksesibilitas yang sangat baik dan dikelilingi oleh banyak fasilitas yang nyaman.
Oleh karena itu, mempertimbangkan investasi apartemen merupakan pilihan yang menjanjikan. Dengan lokasinya yang berada di pusat kota yang ramai, Anda memiliki peluang besar untuk menarik penyewa dan mendapatkan penghasilan tetap dari investasi apartemen Anda. Selain itu, kemudahan akses terhadap fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan transportasi juga dapat menjadi daya tarik bagi calon penyewa sehingga membuat investasi ini semakin menarik.

2.2 Lebih Terjangkau


Harga apartemen cenderung lebih ekonomis dibandingkan rumah di lokasi serupa. Pembeli apartemen juga tidak mempunyai hak untuk memiliki tanah dimana apartemen tersebut berada. Oleh karena itu, memilih tinggal di apartemen bisa menjadi pilihan hunian yang lebih terjangkau dibandingkan membeli rumah di lokasi yang sama. Dengan biaya di muka yang lebih rendah, seseorang dapat memperoleh akomodasi yang nyaman dan akses terhadap fasilitas yang tidak dapat mereka akses jika tidak memilih rumah. Selain itu, faktor perawatan dan pemeliharaan yang lebih sederhana pada apartemen juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang memiliki gaya hidup sibuk.

2.3 Terdapat Banyak Fasilitas


Selain itu, jika Anda tinggal di apartemen, Anda akan mendapatkan fasilitas lengkap yang memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari. Beberapa fasilitas yang tersedia di apartemen antara lain jogging untuk berolahraga, kolam renang untuk berenang, ruang terbuka hijau untuk bersantai, toko kecil atau mini market untuk kebutuhan sehari-hari, kafe untuk bersantai sambil minum air, ATM center, dan banyak lagi.
Semua fasilitas tersebut bertujuan untuk menghadirkan kenyamanan dan kemudahan bagi penghuni apartemen agar dapat menikmati beragam aktivitas dan memenuhi kebutuhannya tanpa harus melakukan perjalanan jauh dari tempat tinggalnya. Dengan begitu, tinggal di apartemen bisa menawarkan gaya hidup yang lebih nyaman dan terhubung dengan berbagai fasilitas di sekitarnya.

2.4 Lebih Aman

Secara umum apartemen dilengkapi dengan sistem keamanan canggih seperti pengawasan CCTV, kartu akses, smart lock di setiap apartemen dan satpam yang siap bertugas 24/7. Membawa keamanan dan kenyamanan bagi penghuni apartemen, membantu mereka memiliki kehidupan yang lebih tenang.
Dalam memikirkan akomodasi, aspek keamanan tentunya sangat penting. Apartemen dengan sistem keamanan yang handal seringkali dianggap sebagai pilihan yang lebih baik dibandingkan pilihan hunian lainnya. Dengan sistem keamanan yang handal, penghuni apartemen bisa merasa lebih terlindungi dan menganggap propertinya sebagai tempat tinggal yang aman.

2.5 Biaya Maintenance Tinggi


Berbeda dengan rumah yang membutuhkan perawatan pribadi, pengelolaan dan pemeliharaan apartemen biasanya dilakukan oleh pihak pengelola apartemen itu sendiri. Biaya-biaya ini cenderung cukup besar dan merupakan sesuatu yang harus Anda pertimbangkan secara serius ketika memutuskan antara tinggal di apartemen atau rumah.
Mengelola dan memelihara apartemen dapat membuat hidup lebih mudah bagi penghuninya namun juga membutuhkan pembayaran bulanan yang besar. Ini merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan jenis tempat tinggal yang akan Anda pilih. Dengan mempertimbangkan biaya-biaya ini secara cermat, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang tempat tinggal yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.

2.6 Ruang Bersosialisasi Terbatas


Meski saat ini banyak apartemen yang menawarkan ruang beruntuk interaksi sosial, namun suasananya masih bisa dibilang lebih tertutup. Lingkungan apartemen pada umumnya tidak sebebas lingkungan sosial perumahan. Oleh karena itu, apartemen mungkin menjadi pilihan yang lebih cocok bagi orang-orang yang lebih menghargai privasi dibandingkan interaksi sosial yang sering terjadi di dalam rumah.
Hal ini merupakan pertimbangan penting ketika memilih antara apartemen dan rumah, terutama jika Anda memiliki preferensi tertentu mengenai tingkat privasi yang Anda inginkan di lingkungan tempat tinggal Anda.
Berikut faktor-faktor yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membeli tempat tinggal. Rumah dan apartemen sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0896-0329-8740
pattayamirror@gmail.com
Metode Pembayaran
-
-
-
@2024 pattayamirror.com Inc.