3 November 2023 9:01 am

Cara Memilih Lokasi Rumah Yang Strategis

Cara Memilih Lokasi Rumah Yang Strategis

7 Tips Cara Memilih Lokasi Rumah Strategis


Lokasi rumah, selain berpengaruh pada kenyamanan hunian juga mempengaruhi nilai jualnya sebagai investasi properti.
Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan beberapa saran di bawah ini tentang bagaimana memposisikan rumah Anda secara strategis, untuk menjamin kenyamanan sekaligus nilai jual kembali.

7 Tips Memilih Lokasi Rumah Strategis yang Wajib Anda Tahu


Dalam memilih lokasi sebuah rumah, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor penting agar rumah tersebut nyaman untuk ditinggali dan memiliki nilai yang tinggi.

1. Fasilitas Umum yang Lengkap

Hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah lokasi rumah dekat dengan banyak fasilitas umum. Misalnya saja fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, bidan, apotek), fasilitas pendidikan, SPBU, supermarket atau toko serba ada.
Rumah yang terletak dekat dengan banyak fasilitas umum, selain nyaman untuk dihuni dan memenuhi kebutuhan, juga menawarkan potensi investasi. Masyarakat akan lebih tertarik pada rumah yang dekat dengan fasilitas umum.
Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan menyewa atau menjualnya. Harga jual atau sewa juga jauh lebih tinggi dibandingkan rumah yang letaknya jauh dari fasilitas umum. Kemudahan yang diberikan sangat mempengaruhi nilai jual dan harga sewa rumah.

2. Akses ke Lokasi yang Mudah 


Sebuah rumah akan jauh lebih baik jika memiliki akses keluar masuknya mudah. Hal ini sering diabaikan ketika mencari akomodasi murah. Banyak proyek yang berdesain modern dan fasilitas interior menarik, sayangnya lokasinya cukup sulit diakses.
Mulai dari jalan berlumpur, aspal tidak rata atau tidak ada angkutan umum sama sekali. Semakin mudah aksesnya, baik untuk kendaraan pribadi maupun umum, maka semakin mudah pula.
Jika ingin keuntungan jangka panjang, rumah dekat pintu tol akan memudahkan mobilitas.

3. Bukan Kawasan Rawan Bencana


Pernahkah Anda ingin memiliki rumah di tepi pantai atau di kaki gunung? Jika ya, sebenarnya tidak salah, hanya saja lokasi tersebut sangat rawan bencana.Apabila hanya Anda jadikan sebagai tempat singgah kala liburan, mungkin masih bisa dimaklumi. Namun untuk hunian tetap, lokasi tersebut tidak cukup strategis.Ada banyak risiko bencana yang harus Anda hadapi. Mulai dari banjir, tanah longsor, erupsi, dan masih banyak lagi.Di wilayah perkotaan, bencana banjir yang paling kerap menyambangi wilayah pemukiman.Nah, oleh karena itu Anda harus jeli dalam memilih lokasi rumah. Tips memilih lokasi rumah strategis di perkotaan bebas bencana yakni yang berkonsep ramah lingkungan.Hal ini menitik beratkan pada bencana banjir khususnya. Dengan konsep tersebut, otomatis kawasan perumahan memiliki sistem resapan air yang baik.Oleh karena itu, rumah yang berlokasi di perumahan ramah lingkungan aman dari bencana banjir.Namun jika Anda ingin memastikan dengan lebih detail, maka bisa mengecek kondisi tanahnya, sistem drainase, pengelolaan sampah, dan juga jarak antar setiap rumah.

4. Kawasan Pusat Bisnis


Memilih lokasi untuk membangun rumah memang cukup sulit. Terutama di perkotaan dengan mobilitas tinggi. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi rumah adalah jaraknya yang cukup dekat dengan pusat bisnis.
Ini benar-benar akan memenuhi kebutuhan Anda sebagai kaum urban dengan mobilitas dan fleksibilitas tinggi.
Mengapa begitu? Mall seringkali dekat dengan fasilitas umum terbaik dan mudah dijangkau, jadi jika rumah Anda ada di sana, lokasinya strategis. Meski harus membeli rumah dengan harga tinggi di kawasan ini, tetap bisa menjadi investasi berharga dalam jangka panjang. Bagi Anda yang merupakan pekerja, memiliki rumah di dekat pusat bisnis akan memberikan banyak kemudahan dalam hidup.

5. Ketersediaan Listrik, Air dan Internet


Dalam memilih lokasi untuk membangun rumah, terkadang karena ingin mencari harga yang murah, seringkali kita mengabaikan tiga hal yang sangat penting: listrik, air, dan internet. Sedangkan di era digital, hampir setiap aktivitas membutuhkan listrik dan internet. Begitu pun dengan air, air merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan.
Jadi, pastikan lokasi rumah Anda tersedia internet dan listrik serta air. Terkadang perumahan murah tidak memiliki cukup air untuk sumur namun PDAM yang membiayainya jadi hal ini masih bisa dimaklumi.
Dalam hal konektivitas Internet, hal ini juga tidak dapat diabaikan. Tentunya untuk membantu Anda menghindari kesulitan saat berkomunikasi atau melakukan aktivitas di Internet.
Ketersediaan ketiga hal tersebut memang harus Anda perhatikan, untuk memastikan letak rumah cukup strategis. Dengan demikian operasional dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.
Jika Anda ingin menjual atau menyewa rumah, tidak akan sulit. Tentu saja ada listrik, air dan internet bagus.

6. Lingkungan Aman dari Tindak Kejahatan


Tips memilih lokasi rumah yang strategis selanjutnya adalah memastikan lingkungan aman dari tindak kejahatan. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menghubungi masyarakat setempat saat melakukan investigasi di lokasi.
Jika Anda berencana membeli rumah di kawasan perumahan, Anda juga bisa memastikan sistem keamanan seperti one gate system, security, dan CCTV.
Jika perumahan tidak terlalu luas, Anda juga bisa melihat apakah sebagian besar rumahnya sudah ditempati atau disewakan atau bahkan dijual. Apabila sebagian besar berpenghuni maka dapat disimpulkan lingkungan cukup aman dan nyaman. Jika sebaliknya, besar kemungkinan banyak masyarakat yang tidak betah karena lingkungan yang rawan kejahatan.

7. Dekat dengan Tujuan Wisata


Salah satu letak strategis sebuah rumah adalah kedekatannya dengan objek wisata atau destinasi wisata. Memang dengan destinasi wisata ini tentunya akan banyak terjadi aktivitas perekonomian di kawasan sekitarnya. Selain menjadi peluang bisnis bagi Anda, rumah yang terletak di dekat tempat wisata tentunya memiliki nilai yang lebih tinggi.
Apalagi jika destinasi wisata tersebut populer dan diminati. Rumah Anda tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat tinggal, namun juga dapat dijadikan sebagai bisnis komersil bahkan sebagai investasi jangka panjang. Ya, Anda bisa membuka toko makanan atau perhiasan untuk menjual oleh-oleh wisata. Jika rumah dan tanah anda cukup luas, anda juga bisa menggunakannya sebagai penginapan bagi wisatawan. Selain memperoleh penghasilan, nilai rumah akan terus meroket seiring berjalannya waktu. Pastinya ini merupakan investasi yang sangat menjanjikan bukan! Jadi jangan lewatkan tips memilih lokasi strategis untuk rumah Anda ini.


Memiliki rumah pastinya menjadi idaman setiap orang. Namun, bukan berarti Anda harus terburu-buru membelinya tanpa pertimbangan matang. Di atas telah kami sampaikan beberapa tips memilih lokasi rumah yang strategis yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Selain menjamin kenyamanan dan keamanan Anda, dengan tips di atas Anda juga dapat berinvestasi pada real estat yang berharga.

Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0896-0329-8740
pattayamirror@gmail.com
Metode Pembayaran
-
-
-
@2024 pattayamirror.com Inc.