9 November 2023 12:00 pm

Program Pemerintah Untuk Pembelian Rumah

Program Pemerintah Untuk Pembelian Rumah

5 Program Pemerintah yang Bisa Wujudkan Kebutuhanmu Membeli Rumah


Kini generasi milenial tak perlu khawatir lagi untuk membeli rumah. Pasalnya, banyak program pemerintah yang mewajibkan pembelian rumah. Semua program tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu membuka ketersediaan rumah bagi masyarakat Indonesia.
Namun ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan saat mengikuti kegiatan tersebut. Penasaran dengan program pemerintah untuk pembelian rumah?
Yuk, simak artikel ini! Siapa tahu setelah itu Anda bisa langsung mengikuti programnya!

1. KPR Subsidi Selisih Bunga (SSB)

pinterest.com
pinterest.com
Salah satu program yang diadakan pemerintah untuk membantu masyarakat membeli rumah adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jenis KPR ada bermacam-macam, salah satunya adalah KPR (SSB).
Menurut situs resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), KPR SSB merupakan kredit pemilikan rumah yang diberikan oleh bank pelaksana dengan mendapatkan keuntungan berupa penurunan suku bunga melalui subsidi bunga kredit perumahan.
Dengan kata lain, pemerintah memberikan dukungan untuk mengurangi bunga bulanan yang harus dibayarkan anggota SSB KPR. Salah satu bank yang memberikan fasilitas SSB KPR adalah Bank Tabungan Negara (BTN).

2. KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)

pinterest.com
pinterest.com
Selain KPR SSB, ada pula jenis KPR lainnya yaitu KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).Menurut laman resmi Kementerian PUPR, KPR FLPP adalah dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Program pembiayaan rumah yang satu ini dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.Maka, perbedaan KPR FLPP dengan KPR SSB adalah dari penerimanya. KPR FLPP hanya dapat diterima oleh masyarakat dengan penghasilan rendah. Ada beberapa kelebihan dari jenis KPR yang satu ini, antara lain:
  • DP ringan
  • Bunga tetap 5%
  • Tenor cicilan maksimal 20 tahun
  • Bebas PPn, premi asuransi, dan asuransi kebakaran
Satu hal yang perlu diingat, peserta KPR FLPP harus menempati rumah tersebut. Rumah yang dibeli dengan KPR FLPP tidak boleh dijual atau disewakan kepada orang lain.

3. Subsidi Bantuan Uang Muka

learn.compactappliance.com
learn.compactappliance.com
Pemerintah melihat bahwa kebanyakan masyarakat berpenghasilan rendah merasa kesulitan membayar uang muka rumah.Oleh karena itu, pada 2017 pemerintah meluncurkan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM). Dengan subsidi ini, pemerintah memberi subsidi sebagian/seluruh uang muka pembelian rumah.Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 55s/KPTS/M/2016, besaran SBUM yang diberikan kepada penerima KPR Bersubsidi adalah sebesar Rp4 juta.

4. Tapera

kiplinger.com
kiplinger.com
Pemerintah melihat bahwa kebanyakan masyarakat berpenghasilan rendah merasa kesulitan membayar uang muka rumah.Oleh karena itu, pada 2017 pemerintah meluncurkan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM). Dengan subsidi ini, pemerintah memberi subsidi sebagian/seluruh uang muka pembelian rumah. Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 55s/KPTS/M/2016, besaran SBUM yang diberikan kepada penerima KPR Bersubsidi adalah sebesar Rp4 juta.n yang dibayarkan peserta. Iuran Tapera ditetapkan sebesar 3%, dengan rincian 0,5% ditanggung oleh pemberi kerja dan 2,5% ditanggung oleh pekerja. Sementara itu bagi peserta mandiri, iuran 3% tersebut ditanggung oleh diri sendiri. Namun, program ini menimbulkan pro dan kontra di antara masyarakat dan para pengusaha. Pasalnya, iuran 3% yang dipotong dari gaji peserta dirasa terlalu berat. Apalagi jika ditambah iuran-iuran lainnya yang sudah ada, seperti BPJS Kesehatan dan Jaminan Pensiun.

5. BP2BT

pinterest.com
pinterest.com
Terakhir, program yang juga diadakan pemerintah untuk pembelian rumah adalah Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).Target dari program BP2BT adalah masyarakat berpenghasilan rendah dari sektor informal. Alasannya, pekerja di sektor ini kesulitan memiliki KPR karena penghasilannya yang tidak tetap, seperti dikutip dari Kontan. Ada tiga komponen pembiayaan dari program ini. Pertama, pemohon harus memiliki dana 5% dari total harga rumah. Kedua, subsidi dari Kementerian PUPR hingga 38,8% harga rumah atau maksimal senilai Rp32,4 juta. Kemudian ketiga, yaitu melalui kredit pembiayaan dari bank pelaksana.

Nah, itulah 5 program pemerintah untuk pembelian rumah masyarakat Indonesia. Menarik, bukan? Dari kelima program tersebut, kira-kira program mana yang cocok untuk Anda? Jika sudah menentukan salah satu dari 5 program tersebut, Anda bisa menyusun rencana sejak dini. Tentukan apa saja yang Anda butuhkan untuk mewujudkan rumah impian Anda.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0896-0329-8740
pattayamirror@gmail.com
Metode Pembayaran
-
-
-
@2024 pattayamirror.com Inc.