2 Oktober 2023 11:50 am

Desain Cafe Minimalis Saat Ini Sedang Banyak Diminati

Desain Cafe Minimalis Saat Ini Sedang Banyak Diminati
Pesatnya pertumbuhan kafe dan restoran yang menyasar pasar perkotaan memungkinkan berkembangnya berbagai gaya arsitektur dan desain kafe minimalis.
Mengapa tidak? Selain menjual cita rasa, kafe juga menjual gambar dengan menggunakan gaya interior tertentu, termasuk kafe minimalis. Beberapa gaya kedai kopi yang populer saat ini antara lain desain kafe minimalis, klasik, mewah, dan modern.
Mengubah kafe ke gaya terkini merupakan salah satu strategi untuk menarik lebih banyak pengunjung. Jika Anda ingin mengubah kafe Anda saat ini, berikut akan kami jelaskan lebih detail rekomendasi kafe minimalis apa saja yang sedang banyak diminati. Namun sebelum membahas lebih jauh, berikut poin-poin pembahasan utamanya.
  • Ide desain kedai kopi minimalis
  • Desain cafe minimalis, nyaman seperti rumah sendiri
  • 15 Desain Cafe Minimalis Yang Sedang Trend

Ide desain kedai kopi minimalis

https://pin.it/5fCyq0B
https://pin.it/5fCyq0B
Keterbatasan lahan dan tingginya harga di perkotaan memberikan tantangan bagi para pengusaha yang bergerak di industri kedai kopi. Hal ini disebabkan cara untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya namun kapasitas restoran terbatas. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mendesain coffee shop minimalis.
Dengan mengadopsi konsep minimalis, Anda bisa memaksimalkan ruang kedai kopi Anda dengan lebih optimal. Memang desain minimalis mengutamakan fungsionalitas ruang dan menghilangkan unsur-unsur yang dianggap tidak penting. Hasilnya, ruangan akan terkesan lebih nyaman, fungsional, dan modern. Aspek penting inilah yang menarik pengunjung.

Desain cafe minimalis, nyaman seperti rumah sendiri

https://pin.it/NvBTy8s
https://pin.it/NvBTy8s
Kenyamanan kedai kopi menjadi aspek penting yang menentukan apakah pengunjung akan kembali lagi ke kedai kopi Anda atau tidak. Bahkan skala kenyamanan kedai kopi semirip mungkin dengan kenyamanan rumah. Hal ini tentu menjadi tugas penting bagi pemilik kedai kopi.
Agar kedai kopi terasa senyaman rumah sendiri, Anda bisa menata interiornya dengan suasana yang menenangkan. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih warna terang atau netral. Selain itu, penempatan dekorasi seperti tanaman atau dekorasi seperti lukisan yang sesuai dengan tema akan menciptakan suasana yang menenangkan. Selain itu, faktor lingkungan juga sangat menentukan. Misalnya, Anda bisa menyulap rumah seharga 500 juta di Bogor-Jawa Barat yang sejuk dan alamnya menjadi kedai kopi.

15 Desain Cafe Minimalis Yang Sedang Trend


https://pin.it/6L13tgO
https://pin.it/6L13tgO
Banyaknya tantangan dalam menghadirkan kedai kopi kepada banyak orang, menuntut pemilik kedai kopi untuk terus berinovasi dan mencari solusi. Inovasi ini dapat diwujudkan dalam variasi menu makanan maupun dalam gaya desain itu sendiri.
Jika Anda bertekad menjalankan bisnis kopi namun belum menemukan desain minimalis yang cocok. Di bawah ini 15 kafe minimalis yang sedang menjadi tren di banyak kalangan, termasuk masyarakat kota.

1. Kafe Industrial


www.behance.net/gallery
www.behance.net/gallery
Gaya kafe industrial berkembang pada abad ke 19. Pada abad ini, era modernisasi (dan gaya arsitektur modern) mulai berkembang dan menggantikan era industri. Pabrik-pabrik tua ditinggalkan dan banyak yang diubah fungsinya tanpa mengubah struktur bangunan. Dari situlah gaya industrial mulai dikenal dan berkembang pesat pada tahun 2000-an.
Kopi industrial modern minimalis semakin banyak dicari oleh banyak orang karena keunikan dari jenis kopi tersebut. Dengan kata lain, meskipun terlihat klasik, namun terlihat modern dan urban. Selama Anda memilih furnitur yang tepat, gaya industrial akan terlihat hangat dan manis di kedai kopi Anda.

2. Kafe dengan Kombinasi Logam dan Kayu

https://pin.it/1QKELSD
https://pin.it/1QKELSD
Salah satu ciri gaya kafe industrial minimalis adalah perpaduan antara baru dan lama. Penerapan konsep ini banyak dijumpai pada kafe-kafe industrial minimalis berupa kombinasi elemen kayu dan logam. Misalnya pada kafe minimalis di atas, komponen logamnya tampak tebal karena struktur bangunannya menyerupai hanggar atau gudang pesawat. Inilah mengapa unsur modern sangat ditekankan pada penggunaan furnitur kayu.

3. Kontruksi Bata Ekspos

www.baanlaesuan.com
www.baanlaesuan.com
Konsep kafe minimalis selanjutnya adalah penggunaan batu bata ekspos. Bisa dikatakan konsep ini merupakan salah satu ciri gaya industrial. Baik batu bata terakota merah maupun batu bata bercat putih, batu bata ekspos memberikan kesan "pabrik" yang kuat.
Kedai kopi lokal Kopi Kecil. Menggunakan dinding bata ekspos dan semen unfinish, kafe industrial ini juga menggunakan kayu-kayu tua untuk memaksimalkan nuansa industrial.

4. Kafe dengan Unsur Organik

thespaces.com
thespaces.com
Konsep kedai kopi minimalis berikutnya adalah dengan memasukkan unsur organik. Anda bisa memasang ubin ekspos atau menggunakan lantai semen untuk memberikan nuansa natural. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan tanaman, wall art, kayu tua, dan furnitur bekas.

5. Bergaya Vintage

https://pin.it/5ebkUVV
https://pin.it/5ebkUVV
Dahulu, pabrik lebih mementingkan fungsi dibandingkan estetika. Oleh karena itu, instalasi listrik dan perpipaan tidak dipasang pada dinding atau langit-langit, melainkan dibiarkan terbuka begitu saja untuk memudahkan perbaikan.
Fitur ini juga yang paling umum diterapkan oleh industri kedai kopi. Tak perlu repot, cukup padukan dengan lantai semen dan keramik ala ubin putih, seperti Such Coffee yang desainnya ditampilkan di HabitusLiving.
Kafe dengan gaya klasik minimalis mampu memberikan nuansa nostalgia bagi pengunjungnya. Ciri khas kafe minimalis klasik adalah penggunaan dekorasi dan furnitur generasi sebelumnya. Anda dapat menempatkannya di dalam perangkat elektronik kuno seperti pemutar musik, televisi atau radio. Selain itu, penggunaan furnitur bergaya lama seperti kursi dan meja akan menciptakan kesan klasik yang lebih kuat.

6. Dekorasi Semen Unfinished


https://pin.it/3GQKvNg
https://pin.it/3GQKvNg
Untuk menciptakan kesan berbeda, Anda bisa memanfaatkan kafe minimalis dengan dekorasi semen unfinished. Pengaplikasian ini bisa dilakukan pada dinding maupun lantai. Semen sebenarnya merupakan bahan konstruksi yang murah namun sangat kokoh. Agar tidak terlihat kaku, padukan dengan elemen interior modern.

7. Konsep Negative Space

https://pin.it/2lMuIEN
https://pin.it/2lMuIEN
Kafe bergaya negative space minimalis ini mengedepankan kepraktisan sebagai tema utama. Konsep negative space menghilangkan semua kekacauan dalam desain interior Anda. Perabotannya minimalis dan fungsional, denah tertata dan terstruktur, ruang luas, kebebasan bergerak.

8. Hiasan Lampu Gantung

https://pin.it/20QjoO6
https://pin.it/20QjoO6
Dekorasi dengan lampu gantung bisa menjadi pilihan gaya cafe minimalis. Selain mempercantik ruangan, lampu gantung juga memberikan efek pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan kesukaan. Meski desain lampu gantung bisa bermacam-macam, ada beberapa bahan yang umum digunakan. Anda bisa menggunakan lampu gantung keramik, lampu rangka logam, atau bola lampu.

9. Cafe ala Jepang


lonniesplanet.com
lonniesplanet.com
Kafe minimalis selanjutnya adalah kafe dengan nuansa Jepang. Konsep ini semakin populer seiring dengan populernya budaya Jepang saat ini. Dekorasi khas Jepang yang bisa Anda tempatkan di kafe antara lain bunga sakura, lukisan khas Jepang, dan dekorasi dengan huruf kanji Jepang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan furnitur meja dan kursi khas Jepang, terutama dengan detail kayu dan warna-warna pastel.

10. Penggunaan Jendela Besar

architecturaldigest.com
architecturaldigest.com

Mungkin Anda belum menyadari bahwa kedai kopi minimalis dengan jendela besar membawa banyak manfaat. Keuntungan yang pertama tentu saja menjamin sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang baik di dalam kafe. Keunggulan berikutnya yang belum banyak diketahui orang adalah konsep ini sangat cocok untuk menarik pelanggan. Memang, orang-orang yang lewat di kafe berkonsep ini bisa melihat langsung kondisi dan suasana kafe tersebut.

11. Cafe Monokrom


www.horecasfeermakers.nl/
www.horecasfeermakers.nl/
Sampai saat ini, Anda mungkin masih sering melihat kafe-kafe dengan desain warna-warni. Namun, kafe minimalis berkonsep monokrom ternyata bisa menjadi alternatif untuk menarik pelanggan. Anda bisa memulainya dengan memilih warna solid seperti hitam atau putih. Agar tampil koheren, furnitur dan perabotannya juga harus mengikuti tema monokrom yang dipilih.

12. Dekorasi Interior Kayu

https://pin.it/3potFpt
https://pin.it/3potFpt
Sebagai negara tropis, kafe berdesain minimalis dengan furnitur kayu sangat cocok menghadirkan perasaan segar dan tenang. Anda bisa memilih berbagai jenis furnitur, mulai dari meja, kursi, hingga lemari kayu. Selain itu, agar kayunya lebih menonjol, Anda bisa melapisi lantai dengan lantai kayu bermotif kayu alami.

13. Nuansa Rumah Modern

wisatamilenial.com/cafe-hits-di-bandung
wisatamilenial.com/cafe-hits-di-bandung
Di berbagai lokasi wisata seperti Jogja, Bandung, dan Bali, banyak rumah yang dialihfungsikan menjadi kafe. Dengan rumah sebagai bangunan aslinya akan menghadirkan konsep hangat dan nyaman. Selain idenya yang sederhana, Anda juga bisa mengubahnya menjadi kedai kopi dengan suasana kekeluargaan yang modern. Rahasianya adalah memilih furnitur dan perlengkapan dalam gaya modern.

14. Desain Cafe Take Away

https://pin.it/4wTh6l5
https://pin.it/4wTh6l5
Jika Anda bercita-cita memiliki kedai kopi namun tidak memiliki lahan yang luas, desain kedai kopi take away minimalis adalah solusinya. Area sempit tersebut bisa Anda manfaatkan hanya untuk aktivitas kafe yaitu memasak. Meski skalanya kecil, Anda tetap perlu memikirkan bagaimana cara agar kedai kopi tersebut menarik dan menonjol. Misalnya saja menempatkan kursi-kursi cantik untuk pelanggan, tanaman hias, dan papan menu.

15. Cafe Minimalis Luar Ruangan

wisatamilenial.com/atap-langit-coffee-semarang/
wisatamilenial.com/atap-langit-coffee-semarang/

Selain dekorasi minimalis di dalam ruangan, Anda juga selalu bisa mengaplikasikannya di ruang luar. Jika konsep kafe yang Anda promosikan ditujukan untuk pecinta makanan vegetarian, suasana outdoor yang asri bisa semakin mendukung ide tersebut. Selain bersantap, para tamu dapat menikmati suasana yang lebih intim dan privat serta memanjakan mata dengan pemandangan luar ruangan.

Nah, dari 15 desain coffee shop minimalis yang telah disebutkan di atas, desain mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Jangan lupa terapkan tips di atas agar semakin banyak orang yang mengunjungi kedai kopimu!










Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0896-0329-8740
pattayamirror@gmail.com
Metode Pembayaran
-
-
-
@2024 pattayamirror.com Inc.