30 September 2023 3:58 pm

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Kamu

5 Penataan Ruangan Sempit di Kamar Kos Kamu
Salah satu penyebab mengapa konsep interior pada kamar kost tidak selalu konsisten adalah karena penataan objek yang tidak efektif, sehingga penataan kamar kost sempit yang berisi banyak objek sangat diperhitungkan dan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. . Biasanya, kamar kost yang sempit adalah kamar kost berukuran 2,5m x 3m.
Apakah ukuran kamar kost Kamu sama? Jika demikian, jangan khawatir. Meski ukuran kamar kost terbilang kecil dan Kamu mempunyai banyak barang di dalamnya, ada beberapa cara khusus untuk menatanya agar lebih efisien dan ruangan tidak terlihat berantakan/sempit.
Jika Kamu kesulitan menata kamar kost kecil dengan banyak furnitur, Kamu datang ke artikel yang tepat! Sebab pembahasan kali ini tentang bagaimana menata kamar kost berukuran kecil dengan banyak furnitur. Ada lima cara menata kamar kost yang sempit dan berbagai elemen yang berhasil membuat ruangan Kamu semakin luas dan tentunya semakin nyaman.

Penataan Furniture yang Tepat


Pinterest.com
Pinterest.com
Penataan perabot berukuran besar seperti kasur, lemari, dan meja harus diperhatikan karena paling banyak memakan ruang di kamar kos. Kamu perlu pintar-pintar menata furnitur agar ruangan tidak terasa sempit dan dapat memberikan ruang yang pada akhirnya menciptakan ruang yang nyaman.
Padahal, penataan furnitur yang tepat bisa menjadi salah satu cara menata kamar kost yang sempit dan padat. Agar tak terkesan memenuhi ruangan, letakkan furnitur dekat dengan dinding agar ada ruang di tengah ruangan, sehingga Kamu punya ruang leluasa untuk bergerak.

Gunakan Ruang Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur


https://www.idntimes.com
https://www.idntimes.com
Sebaiknya Kamu membuat ruangan untuk menyimpan barang-barang di bawah tempat tidur karena cara ini tidak akan memakan banyak tempat. Penataan kamar kost yang sempit dengan banyak benda ini dinilai efektif karena tidak menimbulkan rasa sempit di dalam kamar. Selain itu, barang-barang yang disimpan di bawah kasur tidak akan terlihat langsung dengan mata telanjang sehingga ruangan tidak terkesan sempit.
Untuk memanfaatkan ruang penyimpanan ini, Kamu bisa memilih sofa serbaguna dengan laci untuk menghemat ruang. Selain itu, Kamu juga bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan rangka tempat tidur bayi yang terbuat dari besi. Biasanya tempat tidur anak jenis ini terbuat dari batang besi panjang tanpa penutup sehingga menyisakan celah di bawah kasur. Oleh karena itu, ruang di bawah kasur bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan barang.
Kamu bisa menyiapkan kotak penyimpanan dan menyusunnya ke dalam laci di bawah kasur agar tidak terlihat berantakan. Ini mungkin tampak sedikit lebih rumit, tetapi ini adalah cara yang efektif untuk mengatur kamar kost yang kecil dan lengkap bagi mereka yang memiliki banyak barang. Untuk tempat penyimpanannya anda bisa membeli kotak penyimpanannya atau bisa juga menggunakan karton yang sudah tidak terpakai sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Agar tidak memenuhi ruangan, sebaiknya furnitur disimpan di kost. Bagilah barang-barang yang Kamu miliki menjadi tiga kategori: sering digunakan, jarang digunakan, dan tidak pernah digunakan. Untuk barang-barang yang sering digunakan, Kamu dapat menyimpannya di dalam kamar kost dan pastikan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, seperti meja atau lemari. Barang-barang yang jarang dipakai bisa diletakkan di atas lemari atau di bawah kasur. Nah, untuk barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, karena rusak atau sudah dibiarkan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tanpa pernah digunakan lagi, bisa langsung dibuang agar tidak memakan tempat.

Gunakan Rak Dinding Sebagai Tempat Barang


https://pin.it/FCcOEeB
https://pin.it/FCcOEeB
Penggunaan rak dinding dinilai sebagai salah satu cara menata kamar kost yang sempit dengan banyak barang, karena akan lebih efektif membuat ruangan menjadi lebih luas. Kamu bisa meletakkan koleksi benda-benda di rak, seperti koleksi buku, boneka, mainan, bingkai foto, piala, atau vas bunga. Pastikan untuk tidak meletakkan barang sembarangan, Kamu bisa menata benda berdasarkan warna, bentuk, atau jenisnya karena selain membuat ruangan terlihat lebih luas, juga dapat mempercantik kamar kost.

Gunakan Furniture Portabel


https://dekorrumah.net
https://dekorrumah.net
Kamar kost yang sempit akan semakin sempit jika memuat banyak benda dan furnitur berukuran besar. Untuk itu, Kamu bisa menata kamar kost yang sempit dan berisi banyak benda dengan menggunakan mobile furniture, misalnya menggunakan meja lipat sebagai meja belajar sekaligus meja makan. Dengan cara ini Kamu mengurangi penggunaan furnitur berukuran besar dan tentunya lebih menghemat biaya.

Rutin Bersihkan Kamar



https://pin.it/39W7i9b
https://pin.it/39W7i9b
Meski sudah mencoba cara-cara di atas, ruangan akan tetap terlihat sempit jika terlalu banyak barang berserakan. Inilah sebabnya mengapa Kamu perlu membersihkan kamar kost Kamu setiap hari. Meski terdengar sepele, salah satu cara paling efektif untuk menata ruang keberangkatan kecil dengan banyak perlengkapan adalah dengan merapikan ruangan. Tidak perlu memakan waktu setengah jam atau satu jam, cukup luangkan waktu sekitar 10-15 menit sehari untuk membersihkan ruangan seperti menata furnitur pada tempatnya, merapikan tempat tidur, menyapu, dan mengepel. Selain rapi, kamar kost Kamu juga akan lebih nyaman.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0896-0329-8740
pattayamirror@gmail.com
Metode Pembayaran
-
-
-
@2024 pattayamirror.com Inc.