7 November 2023 1:59 pm

Beli Rumah Baru atau Bekas? Lihat Plus & Minusnya!

Beli Rumah Baru atau Bekas? Lihat Plus & Minusnya!

Beli Rumah Baru atau Bekas? Lihat Plus-Minus nya!


Membeli rumah baru atau bekas? Pertanyaan ini mungkin membuat Anda bingung untuk menjawabnya. Setiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk mencapai hal ini. Ada yang membeli rumah baru, ada yang membangun rumah dari awal, dan ada pula yang memilih membeli rumah bekas. Semua opsi memiliki plus dan minus.

Oleh karena itu, jika membangun rumah bukanlah pilihan yang Anda inginkan, Anda hanya punya dua pilihan: membeli rumah baru atau rumah bekas?

Mengerti beda rumah baru dan rumah bekas


Sebelum mengetahui pilihan terbaik, mari kita bandingkan dulu ide mengenai detail rumah baru dan rumah bekas. Rumah baru adalah rumah yang belum pernah dimiliki sebelumnya. Sedangkan rumah bekas adalah rumah yang pernah ditinggali minimal satu kali.
Memahami detail rumah baru dan bekas itu penting. Pasalnya, ada masyarakat yang menganggap rumah baru hanyalah rumah dengan rumah yang baru dibangun. Namun kenyataannya, hal ini tidak selalu terjadi. Terkadang ada rumah yang belum pernah dihuni dan dijual dalam kondisi tidak menentu. Sesuai uraian di atas, rumah ini masih merupakan rumah baru.

Jadi, beli rumah baru atau bekas?

Supaya tidak bingung memilih beli rumah baru atau rumah bekas, akan lebih baik jika Anda tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi. 

Kelebihan beli rumah baru


Berikut keuntungan jika Anda membeli rumah baru.

1. Bangunan yang baru


Jika Anda mengincar rumah dengan bangunan baru, maka pertimbangkan membeli rumah baru juga. Ada baiknya juga jika Anda memilih perumahan baru.

2. Biaya maintenance/renovasi yang minim

Karena sebagian besar bangunan baru dalam kondisi baik, biaya perbaikan/renovasi menjadi rendah. Biaya renovasi tersebut bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lainnya.

3. Rumah yang dibeli lebih sesuai dengan selera


Tidak hanya terkait desain saja, Anda juga bisa memilih rumah yang sesuai dengan luas bangunan, tanah, dan tipe rumah yang Anda inginkan.

Kekurangan beli rumah baru


Bagaimana dengan kekurangan membeli rumah baru? Dilansir dari Kompas, ada beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan.

1. Harga lebih mahal


Bukan rahasia lagi, harga rumah saat ini sangat tinggi, terutama jika Anda sedang mempertimbangkan rumah baru di kawasan strategis. Meski bisa dibeli dengan KPR, Anda tetap perlu berusaha lebih keras untuk membayar KPR jika membeli rumah di kawasan yang bagus.

2. Lahan yang sempit


Selain mahal, bangunan baru seringkali memiliki luah tanah dan bangunan yang sempit. Rumah subsidi jenis ini umumnya memiliki luas lantai 21 m2, 30 m2 atau 36 m2 dengan rata-rata luas lantai 60 m2.

3. Lingkungan belum terbentuk


Jika Anda sedang mengincar rumah dalam pengembangan baru, kemungkinan besar lingkungan tempat Anda tinggal masih sepi. Belum banyak warga yang tinggal di dekat rumah Anda.

Kelebihan rumah bekas


Dengan membeli rumah bekas, Anda bisa dapatkan benefit berikut. 

1. Harga cenderung lebih murah


Dibandingkan membeli rumah baru, rumah bekas seringkali dijual dengan harga lebih murah per unit/tanah tanah yang sama.

2. Bisa nego


Membeli rumah bekas memberi Anda kesempatan untuk bernegosiasi dengan pemiliknya. Seringkali, negosiasi ini dapat diselesaikan dengan cepat jika pemiliknya menginginkan uangnya. Jika Anda membeli rumah baru, hal ini mungkin tampak mustahil.

3. Lingkungan sudah terbentuk


Rumah bekas biasanya adalah rumah yang sudah “jadi”. Jumlah penduduk yang lebih banyak ini akan menguntungkan Anda dalam banyak hal. Bisa saling membantu, membentuk RT/RW, bahkan bersama-sama membangun gedung seperti mushola/masjid di sekitar masyarakat.

Kekurangan rumah bekas


Di sisi lain, kekurangan beli rumah bekas adalah sebagai berikut.

1. Butuh renovasi


Terkadang pemilik rumah rela menjual rumah yang sudah lama terpakai dengan harga murah karena kondisi rumahnya yang belum diperbaiki. Jika Anda membeli rumah bekas, Anda mungkin perlu mengeluarkan banyak uang untuk renovasi/perbaikan.

2. Denah rumah lebih sulit diubah


Karena Anda membeli rumah "bekas", Anda bisa menerima pembagian ruang apa adanya. Tentu saja renovasi tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, lebih baik beli rumah baru atau rumah bekas? Setiap orang memang punya jawabannya masing-masing. Pasalnya, anggaran dan preferensi setiap orang berbeda-beda.

Dengan mempelajari plus-minus membeli rumah baru atau kedua, Kami berharap keputusan yang tepat akan diambil berdasarkan situasi Anda saat ini.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
0896-0329-8740
pattayamirror@gmail.com
Metode Pembayaran
-
-
-
@2024 pattayamirror.com Inc.